Wu Jing

Wu Jing atau Untaian Lima Sutra yaitu salah satu kumpulan dari Kitab Suci agama Konghucu. Kelima Sutra itu masing-masing yaitu

Shi Jing (Kitab Sanjak)

Dinamakan juga untuk Pa Jing (Kitab Kuncup Bunga). Terdiri dari 39.222 huruf, merupakan kumpulan 311 sanjak dari seleksi 3000-an sanjak yang dilangsungkan Nabi Khongcu melanjutkan rintisan Zhuo Gong kini tinggal 305 yang terdapat (6 hilang waktu pembakaran kitab, yakni sanjak No. 171, 172, 173, 174, 206, 209). Sanjak tertua berasal dari Dinasti Shang (1766-1122 SM) dan termuda dari zaman Zhou Ding Wang (605 -586 SM). Kitab ini terdiri dari 4 bab:

  • Guo Feng (Nyanyian Rakyat) menggambarkan adat-istiadat, 15 buku 160 sanjak.
  • Xiau Ya (Pujian kecil), puja pengiring upacara di istana, 8 buku 80 sanjak
  • Da Ya (Pujian Besar), kidung puja kepada Wen Wang, 3 buku 31 sanjak
  • Song (Kidung Suci) kepada mengiringi peribadahan, 3 buku 40 sanjak

Shu Jing (Kitab Hikayat)

Kitab ini dinamakan juga untuk Shang Shu (Kitab Pandita/Mulia) dan Zai Jing (Kitab Tarikh/Buku Zaman) serta Bi Jing (Kitab Tembok) karena ditemukan di dalam tembok rumah Nabi Khongcu, sehingga selamat dari zaman pembakaran kitab. Kitab ini terdiri dari 25.700 huruf dengan 58 bab (4 buku 6 jilid):

  • Yu Shu yang hadir isinya Yao Dian dan Shun Dian (perundangan Baginda Yao dan Shun)
  • Xia Shu yaitu 4 bab naskah Dinasti Xia (2205-1766 SM)
  • Shang Shu yang terdiri atas 17 bab naskah Dinasti Shang (1766-1122 SM)
  • Zhou Shu yang terdiri atas 3 jilid 32 bab naskah Dinasti Zhou (1122-255 SM)

Yi Jing (Kitab Perubahan)

Nama lain dari kitab Yi Jing yaitu Kitab tanda-tanda/simbol-suci. Kitab ini merupakan Kitab langit (Tian Shu) yang hadir isinya kadar sakral ketuhanan, karena itu bersifat universal. Kitab ini terdiri dari 24.707 huruf yang berisi:

  • Iman akan Tuhan (Wu Ji, Tai Ji, Yin Yang) dengan diagram Ba Gua lengkap dengan uraian Hexagram turunannya.
  • Penjelasan Gua yang dinamakan Tuan oleh Wen Wang dan Yao yang dinamakan Xiang oleh Zhou Gong
  • Tafsir pengertian dan penjelasan Shi Yi oleh Nabi Khongcu

Li Jing (Kitab Kesusilaan)

Kitab ini dinamai juga Dai Jing (karena jasa marga Dai dalam mengumpulkan kembali setelah pembakaran kitab). Terdiri dari 99.020 huruf, oleh Nabi Khongcu dipilah menjadi 3:

  • Zhou Li (Kesusilaan Pemerintah Zhou) susunan Zhou Gong. Di dalamnya terdapat uraian mengenai Liu Guan Enam Departemen yang merupakan Kelola Negeri Pemerintah Zhou, pada zaman Han dinamakan untuk Zhou Guan yang sebelumnya dinamakan Zhou Guan Li.
  • Yi Ji (Kesusilaan dan Peribadahan) yang hadir isinya kelola agama dan kelola ibadah pemerintah zhou susunan Zhou Gong, yang sering digunakan oleh Nabi Khongcu untuk acuan. Dinamai juga Li Cu Jing Kitab Kesusilaan Kuno.
  • Li Ji (Catatan Kesusilaan) yang hadir isinya himpunan tulisan mengenai kadar agamis dan moral dasar kaum Ru, sekaligus untuk terapan dan penafsiran dari 2 kitab tersebut di atas. Merupakan kumpulan tulisan yang berasal dari Nabi Khongcu, murid-murid ia, terdapat juga tambahan dari tokoh Ru dinasti Han (3 bab Ming Tang, Yue Ling, Yue Ji) ditambah hasil kerja marga Dai yang 46 bab jadi berjumlah 49 bab.

Chun Qiu Jing (Kitab Chun Qiu)

Kitab ini dinamakan juga dengan nama Lin Jing (Kitab Qi Lin) yaitu hewan suci yang berkomunikasi erat dengan kelahiran Nabi Khongcu dan kejadian terbunuhnya mengakhiri kalam kitab ini). Kitab ini terdiri dari 18.000 huruf hasil karya Nabi Khongcu sendiri, merupakan risalah dan kronik, sekaligus “Pengadilan” zaman Chun Qiu, sekaligus “cermin” kepada mengenal Nabi Khongcu (lihat Meng Zi, III B; 8, VI B 21, VII B;2)

Terdapat 3 Kitab Tafsir (komentar) yang menjadi pelengkap dari Kitab Chun Qiu ini yakni,

  • Chun Qiu Zuo Zhuan oleh Zuo Qiu Ming, sahabat sekaligus “murid” Nabi Khongcu. Tafsir ini paling cocok dan uraiannya pas dengan Guo Yi; sering dijadikan satu dengan Chun Qiu Jing karena paling tidak jauh.
  • Chun Qiu Gong Yang Zhuan susunan Kong Yang Goa pada akhir Dinasti Zhou hidup pada zaman Zhan Guo murid Perguruan Zi Xia.
  • Chun Qiu Cu Liang Zhuan susunan Gu Liang Chi pada permulaan Dinasti Han, juga murid dari perguruan Zi Xia.
Please follow and like us:
0
Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *